Keunikan Benteng Van Der Wijck Kebumen

Benteng Van Der Wijck, Jawa Tengah – Benteng peninggalan Belanda yang terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah ini terbilang fenomenal.

Dibangun pada abad ke-18, Benteng Van Der Wijck merupakan benteng pertahanan Belanda, namun ada juga yang menyebutkan sebagai benteng tempat penyimpanan logistik pada zaman perang Diponegoro. Benteng Van Der Wijck diyakini sebagai benteng terbesar di wilayah selatan pulau Jawa.

Benteng Van Der Wijck

Bentuknya oktagonal atau segi delapan, mengingatkan kita pada Masjidil Haram di Mekah. Konon, benteng berbentuk segi delapan hanya ada dua di dunia. Dan, Benteng Van Der Wijck adalah satu-satunya benteng segi delapan yang ada di Indonesia.

READ  Info Wisata Taman Nasional Baluran

Satunya lagi berada di Australia. Benteng Van Der Wijck bisa disebut juga dengan Benteng Merah. Pantas saja, tembok benteng ini seluruhnya terbuat dari bata merah. Warna merah menyala mendominasi bangunan dan menjadi salah satu ciri khas benteng ini.

Empat pintu utama tersebar di beberapa sudut benteng, namun Anda bisa memasukinya melalui pintu sebelah barat daya. Di salah satu sudut pintu benteng tersemat nama Van Der Wijck yang kemudian diabadikan menjadi nama benteng.

Walau begitu, benteng dengan luas sekitar 7.168 meter persegi ini masih menyimpan misteri tentang Van Der Wijck itu sendiri.

READ  10 Wisata Paling Popular Indonesia Pilihan Wisatawan

Adakah keterkaitan antara Van Der Wijck yang menjadi asal usul penamaan benteng dengan tenggelamnya kapal Van Der Wijck yang sangat dikenang itu?