Bersantap Ikan Bilih Dikelilingi Cantiknya Danau Singkarak

Makan ikan bilih di pinggir Danau Singkarak adalah salah satu wisata kuliner paling asyik yang bisa dilakukan di kawasan Sumatera Barat. Ikan bilih adalah ikan yang hanya bisa ditemukan di Danau Singkarak dan biasanya diburu masyarakat saat bertamasya untuk dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Ikan yang rasanya gurih dan chewy ini paling enak kalau digoreng kering dan disantap bersama balado cabai yang pedasnya maknyus!

ikan bilih

Belakangan ini, muncul isu kalau ikan bilih mulai langka keberadaannya di Danau Singkarak. Mungkin ini pertanda buat Anak Nagari yang jago teknik budidaya ikan untuk pulang kampung dan mengaplikasikan ilmunya untuk melestarikan ikan bilih.

READ  7 Pantai Terindah Di Kabupaten Garut

Keren lho bisa mempertahankan, atau memperbaiki perekonomian nelayan lokal!

Nah, makan ikan bilih itu paling seru kalau di pinggir Danau Singkarak, karena danau terluas kedua di pulau Sumatera ini memang nggak pakai ditawar cantiknya. Danau kawah yang luasnya 1000 hektar ini menyajikan pemandangan lansekap bukit dan gunung yang terbentang antara kabupaten Solok dan Tanah Datar.

Danau ini juga termasuk dalam lintasan Tour de Singkarak, kejuaraan balap sepeda resmi tahunan dari Persatuan Sepeda Internasional, yang juga bertujuan untuk memperkenalkan kecantikan lansekap Minangkabau kepada dunia.

READ  Masjid Mahligai Minangkabau, Kekayaan Religi Kota Padang

Danau Singkarak hanya berjarak 70 km dari Kota Padang dan bisa dihampiri dengan mobil sewaan dari Bandara Internasional Minangkabau.

Tak jauh dari danau ini, tepatnya di sepanjang jalan Solok-Bukittinggi, di kota Ombilin serta kabupaten Tanah Datar, ada banyak pula hotel dan restoran untuk tempat istirahat para turis.

Mampir ke Danau Singkarak asyiknya juga diperkaya dengan obrolan-obrolan ringan dengan nelayan setempat. Mereka senang lho kalau diajak ngobrol, apalagi kalau diajak makan balado ikan bilih sambil lihat pemandangan.

READ  Pantai Goa Cemara Di Bantul Yogyakarta