Info Wisata Taman Nasional Baluran

Info Wisata Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur – Taman Nasional Baluran berada di kecamatan Banyuputih, Situbondo, Jawa Timur, sebelah utara Banyuwangi dan berbatasan dengan Selat Madura dan Selat Bali. Yang unik dari TN Baluran, sekitar 40 persen dari kawasan ini merupakan padang rumput.

Boleh dibilang, TN Baluran mewakili jenis hutan di Indonesia. Beragam jenis hutan di TN Baluran, yaitu hutan pantai, hutan payau, hutan mangrove, padang rumput, hutan hujan pegunungan, padang lamun, hutan musim, dan terumbu karang.

Taman Nasional Baluran

Keberagaman jenis hutan inilah yang membuat TN Baluran begitu istimewa. TN Baluran terbagi menjadi empat zona, yaitu: zona inti, zona rimba, zona pemanfaatan intensif, dan zona pemanfaatan khusus. Aneka satwa liar menghuni kawasan TN Baluran seperti banteng Jawa (bos javanicus) yang juga merupakan ikon TN Baluran.

READ  Tari Piriang, Ketika Petani Bersorak Gembira!

Selain itu, ada pula rusa, kerbau, babi hutan, anjing hutan, macan tutul, burung merak serta beberapa jenis tumbuhan seperti widoro bukol, mimba, salam, asam jawa.

Keindahan panorama alam bebas yang liar namun menawan ditawarkan TN Baluran, misalnya savana Bekol yang merupakan padang rumput terluas di pulau Jawa dan menjadi objek wisata andalan. Menjelajahi savana Bekol, Anda seperti dibawa ke alam liar Afrika. Gunung Baluran yang namanya dipakai sebagai nama taman nasional terdapat mata air yang tak pernah kering sepanjang tahun.

READ  Indahnya Pantai Sepanjang Di Gunung Kidul

Di TN Baluran Anda juga dapat mengeksplorasi goa jepang dan deretan pantai, yaitu pantai Bama, pantai Bilik, dan pantai Sejile.

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di TN Baluran, misalnya tracking menyusuri hutan dan padang rumput, bersepeda di sekitar savana atau mendaki gunung Baluran.

Selain itu, di pantai Bama, pantai Sejiluk, dan pantai Bilik Anda bisa diving atau snorkeling, menyaksikan keindahan terumbu karang dan aneka biota laut. Bagi Anda pehobi fotografi, TN Baluran menyajikan beragam objek fotografi yang pastinya sangat menarik.

READ  Keindahan Kepulauan Kei Yang Eksotis

TN Baluran merupakan tempat yang mengasyikkan bagi pecinta alam dengan adanya tempat berkemah. Fasilitas lain yang dapat dimanfaatkan, yaitu menara pandang di mana Anda bisa melihat panorama savana, gunung, dan pantai sekaligus. Terdapat pula, pusat informasi, penginapan, tempat penyewaan kano dan alat snorkeling.

Di kawasan TN Baluran juga terdapat jalan aspal dan jalan trail yang memudahkan para petualang menjelajahi taman nasional yang dijuluki Africa van Java ini. Akses menuju TN Baluran sangatlah mudah dengan adanya jalan raya lintas propinsi yang menghubungkan pulau Jawa dengan pulau Bali.

Comments are closed.