Kawasan Wisata Mandeh Di Pesisir Selatan Sumbar

Kawasan Wisata Mandeh Di Pesisir Selatan Sumbar

Jalan-jalan dengan biaya terjangkau, lihat gugusan pulau yang dikelilingi air biru jernih, dengan angin sepoi-sepoi yang bikin kepala rusuh jadi santai? Siapa yang nggak mau? Di Teluk Carocok, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, tepatnya sekitar 56 km atau 1 jam dari Kota Padang, kita bisa menemukan salah satu surga di bumi yang bernama Kawasan Wisata Mandeh.

Kawasan Wisata Mandeh terhampar seluas ± 18.000 hektar dan meliputi 7 kampung di 3 nagari yang dihuni oleh 9.931 jiwa penduduk yang bekerja sebagai petani, peternak dan nelayan. Nama Kawasan Wisata Mandeh diambil dari nama salah satu kampung di kawasan ini, Kampung Mandeh, yang ada di tengah Teluk Carocok Tarusan.

READ  Bersantap Ikan Bilih Dikelilingi Cantiknya Danau Singkarak

Kawasan Wisata Mandeh

Di sekitar Teluk Carocok Tarusan, kita bisa menemukan beberapa pulau kecil, seperti Pulau Traju, Pulau Setan Kecil, Pulau Sironjong Kecil, Pulau Sironjong Besar dan Pulau Cubadak. Di bagian selatan area ini, tepatnya di Kampung Carocok, ada sebuah tanjung meliuk seperti kail, sehingga teluk terlihat seperti sebuah danau yang menakjubkan.

Kalau kita ke sisi utara Kawasan Wisata Mandeh, kita bisa menemukan beberapa pulau yang melingkar seperti Pulau Bintangor, Pulau Marak, Pulau Ular dan Pulau Pagang, yang berdampingan dengan Pulau Sikuai.

READ  Berlibur Ke Lawang Sewu? Lihat Infonya Disini

Lalu kalau kita jalan-jalan di sepanjang pantai dari Kampung Sungai Pisang sampai Kampung Carocok, kita bisa menemukan hamparan pasir putih menyenangkan dan berbagai pohon yang bikin adem, seperti pohon kelapa, pohon waru, pohon nangka, dll.

Ayo datang ke Kawasan Wisata Mandeh! Bukan hanya pemandangannya yang bikin hati senang, penduduk setempat pun ramah-ramah sama wisatawan.

Kalau mau lewat laut, kita bisa naik kapal dari pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur, Muara Padang atau dari teluk Tarusan. Kalau memilih jalan darat, kita bisa naik mobil dari Carocok Tarusan atau dari Sungai Pisang Padang, yang terletak tak jauh dari Bandar Udara Internasional Minangkabau.

READ  Review Wisata Dieung Plateau Lengkap

Kawasan Wisata Mandeh juga sudah dikenal di tingkat nasional dan internasional lho! Kawasan ini menjadi destinasi utama kebijakan sektor pariwisata kebaharian yang dimasukkan ke dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) bersama Biak dan Bunaken.

Salah satu investasi asing dari Itali pun sudah mengembangkan resort area di kawasan ini, yang bernama Cubadak Paradiso. Ayo Anak Nagari, siapa yang mau berinvestasi di kawasan ini? Jangan tunggu orang lain yang bikin dong!

Comments are closed.