Kebun Binatang Gembira Loka, baca Infonya disini

Kebun binatang Gembira Loka , Yogyakarta – Kebun binatang yang dibelah oleh sungai Gajah Wong ini merupakan salah satu tempat wisata andalan di Yogyakarta. Dulu, kebun binatang ini disebut dengan kebon rojo (kebun raya) yang lahir atas ide Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, namun baru dapat diwujudkan pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono IX.

Kebon rojo itu kini dikenal dengan nama Gembira Loka Zoo (GL Zoo) yang berarti tempat untuk bergembira.

Kebun binatang gembira loka

GL Zoo dengan luas sekitar 20 hektar menjanjikan pengalaman wisata yang mengasyikkan. Melangkah ke dalam kompleks GL Zoo, Anda langsung disambut Taman Gua Sarpa. Hawa sejuk pun langsung terasa.

Suasananya begitu teduh dengan pepohonan yang lebat dan rindang. Di taman ini tersedia sirkuit ATV untuk Anda yang ingin mencoba tantangan.

READ  Rakik, Camilan Seafood Gurih Pariaman

Di samping Taman Gua Sarpa terdapat museum yang memamerkan ragam satwa yang telah diawetkan dan ditempatkan dalam etalase kaca. Misalnya aneka serangga seperti kupu-kupu dengan beragam jenis dan warna yang bervariasi.

Puluhan jenis spesies flora menghiasi sudut-sudut kawasan wisata ini. Ditambah lagi dengan aliran sungai Gajah Wong yang membuat suasana GL Zoo terasa lebih alami.

Nah, ini yang paling Anda cari ketika mengunjungi GL Zoo, yaitu menjumpai aneka satwa liar dengan jumlah ratusan spesies.

Satwa-satwa liar tersebut keberadaannya perlu dilestarikan karena sebagian besar sudah hampir punah. Koleksi satwa GL Zoo di antaranya yaitu: gajah, buaya, simpanse, rusa tutul, zebra, kasuari, sapi Bali, kuda nil, kanguru, tapir, harimau, beruang madu, nilgai, lutung Jawa, dan lainnya. Tidak puas hanya melihat satwa saja, Anda dapat mencoba menaiki gajah atau onta.

READ  Pangek Pisang Solok & Solok Selatan, Jaminan Bikin Ketagihan

Berwisata ke GL Zoo bukan melulu menyaksikan binatang dengan beragam tingkah polahnya. Banyak wahana permainan tersaji di GL Zoo yang menarik untuk dicoba. Wahana permainan ini cocok sekali buat anak-anak, misalnya wahana Kolam Tangkap.

Anak-anak dapat menangkap ikan-ikan yang berenang di kolam yang dangkal. Tidak cuma menangkap ikan, anak-anak dapat membawa hasil pulang tangkapannya. Selain itu, ada wahana Kolam Sentuh, Terapi Ikan, dan panggung yang menampilkan atraksi satwa terampil.

Di tengah kompleks GL Zoo terdapat danau buatan yang cukup luas, menggoda Anda untuk menjelajahinya. Ada beberapa perahu yang siap mengantarkan Anda mengelilingi danau buatan, misalnya perahu bernama Katamaran yang mampu menampung sekitar 40 penumpang.

READ  Titian Aka, Jembatan Akar Berusia 100 Tahun di Pesisir Selatan

Selain menaiki perahu Katamaran, Anda juga bisa mencoba perahu Banana Orca, perahu boat, perahu kayuh, sepeda air, perahu senggol, dan sekuter air.

Dari kejauhan tampak seperti kapal berdiri dengan megahnya di tengah danau buatan. Tapi Itu bukan kapal, melainkan bangunan yang bernama Mayang Tirta dan merupakan salah satu ikon GL Zoo. Beristirahat sejenak di kafe yang terdapat di Mayang Tirta sembari menikmati suasana GL Zoo tentunya sangat menarik.

Mayang Tirta ini juga dilengkapi dengan panggung dan peralatan sound system untuk menampilkan pertunjukan musik.