Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan, Jakarta – Sebagai kebun binatang yang pertama kali di Indonesia, Kebun Binatang Ragunan mempunyai sejarah yang sangat panjang. Berawal pada tahun 1864, kebun binatang ini lahir dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti “tanaman dan kebun binatang”.

Adalah organisasi pecinta flora dan fauna Batavia atau Culture Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia yang mengelola kebun binatang yang awalnya bertempat di Cikini, Jakarta dengan luas sekitar 10 hektar.

Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Seiring berjalannya waktu, kebun binatang yang semula berada di Cikini, lalu dipindahkan ke daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta.

Kebun binatang ini pun akhirnya diresmikan pada tanggal 22 Juni 1966 dan sejak saat itulah nama Taman Margasatwa Ragunan muncul. Masyarakat pun lebih mengenalnya dengan nama Kebun Binatang Ragunan dengan luas sekitar 147 hektar.

READ  Gua Batu Cermin Labuan Bajo Pulau Flores Yang Eksotis

Kebun Binatang Ragunan mempunyai koleksi aneka satwa liar dan berbagai jenis spesies tumbuhan. Lebih dari 2.000 ekor satwa dan puluhan ribu tumbuhan menghuni kawasan kebun binatang ini.

Sebagian besar satwa liar itu termasuk satwa langka dan di Kebun Binatang Ragunan inilah mereka dijaga tetap lestari. Pepohonan yang tumbuh rindang di setiap sudut menambah kesejukan hawa di Kebun Binatang Ragunan.

Hadirnya Pusat Primata Schmutzer yang berkelas internasional menambah daya tarik Kebun Binatang Ragunan. Di pusat primata yang berfungsi sebagai konservasi hewan primata ini Anda dapat menyaksikan aneka ragam hewan primata, misalnya orang utan, gorilla, simpanse, kukang, siamang, bekantan, dan lainnya.

READ  Keindahan Pantai Apparalang Yang Masih tetap Perawan

Yang menarik, hewan-hewan primata itu dibiarkan bebas layaknya hidup di habitat aslinya. Untuk melihat mereka, Anda bisa melewati jembatan atau terowongan yang tersedia.

Berkeliling dengan jalan kaki sudah sangat biasa, tapi menunggang gajah atau unta bisa memberikan sensasi petualangan yang berbeda. Gajah dan unta itu sudah sangat terlatih sehingga Anda pun dapat menaikinya dengan aman dan nyaman.

Aktivitas menaiki hewan ini dapat Anda temukan pada waktu akhir pekan atau hari libur nasional. Ada juga atraksi menarik berupa pemberian makan kepada hewan-hewan primata (feeding time).

READ  Pantai Tanjung Kelian, Pantai Bersejarah Di Pulau Bangka

Pilihan lain yang tak kalah menariknya, Anda bisa menaiki kereta keliling atau sepeda wisata. Ada pula Children Zoo yaitu tempat anak-anak berinteraksi dengan hewan-hewan jinak. Wahana ini dilengkapi dengan permainan yang disukai anak-anak misalnya ayunan dan jaring laba-laba.

Kebun Binatang Ragunan yang berjarak sekitar 20 km dari pusat kota Jakarta mudah dicapai baik menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Nah, sekarang saatnya mempersiapkan liburan Anda ke Kebun Binatang Ragunan.

Comments are closed.