Kebun Raya Eka Karya Di Bedugul Bali

Kebun Raya Eka Karya, Bedugul, Bali – Tak cuma pantai saja, di Bali ada satu kebun dengan aneka ragam spesies tumbuhan yang luasnya mencapai 157 hektar. Kebun Raya “Eka Karya”, bisa disebut juga dengan Kebun Raya Bedugul atau Bali Botanical Garden, merupakan kawasan konservasi tumbuhan eks-situ khas pegunungan tropika pegunungan timur Indonesia.

“Eka” berarti “satu” dan “Karya” bermakna “hasil kerja” yang menyiratkan kebun raya pertama di Indonesia yang setelah kemerdekaan dan didirikan oleh putra-putri bangsa tanpa campur tangan pihak kolonial .

READ  10 Wisata Paling Popular Indonesia Pilihan Wisatawan

Kebun Raya Eka Karya

Mengelilingi kebun raya yang diresmikan tanggal 15 Juli 1959 di tengah suasana pegunungan yang sejuk nan segar tentunya mengasyikkan.

Ya, Kebun Raya Eka Karya berada di kawasan wisata Bedugul yang merupakan salah satu tujuan wisata yang menarik untuk disambangi. Letaknya pun tak jauh dari Danau Beratan dan Pura Ulun Danu.

Dari Bandara Ngurah Rai, Kebun Raya Eka Karya jaraknya sekitar 70 km dan dapat ditempuh selama 2 jam perjalanan.

Puluhan ribu tumbuh-tumbuhan terhampar di setiap jengkal Kebun Raya Eka Karya yang terbagi menjadi beberapa taman.

READ  Istana Bung Hatta, Rumah Kelahiran Sang Bung Proklamator

Misalnya Taman Anggrek yang mengoleksi ratusan tanaman anggrek dari Bali, Sulawesi, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Jawa. Selain itu, ada pula Rumah Kaca Kaktus yang memamerkan aneka macam kaktus dari Indonesia dan belahan bumi lain, Taman Mawar, Taman Begonia, dan Taman Cyathea (paku-pakuan).