Liburan Ke Danau Toba? Lihat Infonya Disini

Danau Toba, Sumatera Utara – Danau Toba menarik wisatawan karena menyimpan banyak keistimewaan yang terletak di deretan pegunungan Bukit Barisan, Propinsi Sumatera Utara, Indonesia. Tidak hanya di Indonesia, danau Toba juga yang terbesar di Asia Tenggara.

Di tengahnya terdapat pulau vulkanik bernama pulau Samosir yang mempunyai ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Di samping menawarkan keindahan alam semata, danau Toba juga mempunyai legenda dan dipercaya mempunyai nilai magis oleh masyarakat sekitar.

Danau Toba

Menurut sejarah, danau Toba muncul akibat adanya erupsi besar ribuan tahun yang lalu, memuntahkan material dan abu vulkanik. Abunya mengelilingi lapisan atmosfir bumi selama beberapa tahun dan mengubah iklim bumi saat itu.

READ  Keindahan Bawah Laut Pulau Karampaung Di Sulawesi Barat

Beberapa ribu tahun kemudian setelah erupsi pertama, terjadilah erupsi kedua menciptakan gunung yang kedua di dalam kaldera. Puncak gunung tersebut kolaps membentuk pulau Samosir, sementara kawah dari erupsi yang pertama terisi oleh air, membentuk danau yang kemudian dinamakan danau Toba.

Keistimewaan lain danau Toba, yaitu suasana alam di sekitar danau yang dikelilingi perbukitan dengan hutan pinus, menghadirkan pemandangan yang menawan dan suasana pegunungan yang alami, tegar, dan menyegarkan.

Sambil menikmati kesejukan udara pegunungan, pengunjung dapat berenang, mendaki gunung atau menyewa perahu motor mengelilingi danau. Di sore hari, pemandangan lebih menenangkan dan indah dengan munculnya cahaya matahari terbenam.

READ  Review Pantai Balekambang Di Malang

Selain danau, terdapat pula air terjun di pinggir dan pemandian air belerang di sekitar danau Toba Tidak hanya danau Toba, Anda pun dapat mengunjungi danau lain yang terletak di pulau Samosir, yaitu danau Sidihoni dan danau Aek Natonang yang dijulik ‘danau di atas danau’.

Untuk menuju pulau Samosir, wisatawan dapat menggunakan perahu feri dari Parapat, atau dengan jalan darat lewat jembatan Tano Ponggol di Panguruan, Kabupaten Samosir. Di pulau ini, Anda dapat mempelajari kebudayaan Batak Toba karena terdapat bekas-bekas peninggalan zaman purbakala, yaitu kuburan batu dan desa-desa tradisional.

READ  Wisata Pantai Wediombo Yogyakarta

Beberapa tempat di sekitar danau Toba yang dapat Anda kunjungi, salah satunya yaitu Balige yang merupakan kecamatan sekaligus ibukota kabupaten Toba Samosir. Di Balige Anda dapat menikmati keindahan danau Toba dari bukit Pahoda.

Pasar Tradisional Balige adalah destinasi pilihan bagi Anda yang ingin mencari oleh-oleh seperti kain ulos. Tempat lain adalah Parapatan, di mana Anda dapat mencari cinderamata seperti aksesori khas Batak.

Danau Toba menjadi salah satu pusat wisata dunia dengan diadakannya Festival Danau Toba yang mengangkat budaya lokal seperti acara sulang-sulang hariapan, karnaval boneka sigale gale, lomba perahu dayung tradisional, dan lainnya.