Mengenal Museum ANRI Lebih Jauh

Mengenal Museum ANRI Lebih Jauh

Museum ANRI – Bagaimana bila sebuah lembaga yang menyimpan ribuan dokumen penting negara membuat sebuah museum? Fantastis tentunya. Gambaran itulah yang muncul ketika berkunjung ke Museum ANRI.

ANRI adalah singkatan Arsip Negara Republik Indonesia. Lembaga ini adalah tujuan akhir setiap dokumen negara yang mengambil tempat dalam sejarah Indonesia. Gedung ANRI menyimpan berbagai macam dokumen, mulai dari surat negara hingga foto-foto bersejarah. Tidak hanya itu, film-film bersejarah pun juga menjadi bagian koleksi lembaga yang beralamat di Jalan Ampera, Jakarta Selatan.

Museum ANRI

Museum ANRI merupakan jawaban atas tantangan menghadirkan arsip dalam bentuk populer. Di dalamnya, Anda akan dibawa melintasi lini masa dari era perjuangan fisik hingga era reformasi. Sejarah disajikan dalam bentuk kekinian dari hall A hingga hall H. Di Hall B, misalnya, terdapat layar touchscreen yang memudahkan pengunjung mengakses profil pahlawan di Nusantara.

READ  Keunikan Benteng Van Der Wijck Kebumen

Di hall D, ada hal yang lebih menarik. Pengunjung bisa mendengar rekaman asli pembacaan naskah Proklamasi dengan menekan microphone pada diorama Soekarno-Hatta.

Gedung sarat sejarah ini dipenuhi berbagai dokumen menarik, dan beberapa bahkan kontroversial. Mulai dari foto hingga diorama, semuanya begitu memanjakan mata. Perencana gedung tampaknya benar-benar mempertimbangkan faktor kenyamanan mata pengunjung.

Hal tersebut terlihat dari pencahayaan dan penataan dokumen, foto, diorama, dan proyeksi film yang dibuat. Salah satu yang cukup kontroversial adalah hadirnya surat perintah sebelas maret dan beberapa dokumen reformasi yang ada di museum ini. Selain menghadirkan versi sudut pandang yang berbeda, hadirnya beberapa dokumen yang dahulunya dirahasiakan tersebut memancing dahi pengunjung untuk berkernyit seraya bertanya-tanya: apakah yang sebenarnya terjadi? Adakah peristiwa yang ditutupi?

READ  Liburan Ke Danau Toba? Lihat Infonya Disini

Jam buka museum ANRI adalah dari jam 9.00 sampai 17.00. Museum ini buka setiap hari kerja. Untuk mengunjungi museum ini, pengunjung tidak dikenakan biaya apa pun alias gratis. Tidak ada persyaratan yang perlu dilakukan untuk mengakses semua fasilitas.

Namun, bila Anda menginginkan untuk datang secara rombongan, Anda perlu berkomunikasi dahulu dengan pihak pengelola museum. Selain tetap tidak dikenakan biaya, pengunjung rombongan bahkan bisa mendapatkan pemandu sejarah. Menarik bukan?

Bagi Anda yang ingin mengetahui lini masa sejarah Indonesia dalam bentuk menarik, museum ANRI adalah pilihan yang layak dipertimbangkan. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota, bisa diakses dengan cuma-cuma, dan fasilitas modern adalah beberapa daya tarik museum ini. Buktikan!

READ  Kebun Binatang Ragunan Jakarta
Comments are closed.