Berani Coba Nasi Kapau, Berani Tergila-gila Dengan Kelezatannya!

Jalan-jalan ke berbagai daerah di Sumatera Barat belum lengkap kalau belum pergi ke pasar tradisionalnya. Kalau mainnya ke pasar-pasar di daerah Agam, jangan sampai kelewatan makan nasi kapau dong! Nasi kapau adalah nasi rames khas dari Nagari Kapau di Kabupaten Agam.

Hati-hati! Sekali makan nasi kapau, bisa terbayang-bayang sampai esok harinya, dan esoknya lagi, dan esoknya lagi!

Nasi Kapau

Ada banyak perbedaan yang bisa kita alami saat makan di kedai nasi kapau dan rumah makan Padang biasa. Biasanya lauk-pauk di kedai nasi kapau diletakkan di dalam wadah-wadah besar yang disusun bertangga, lalu pemilik kedai duduk di tangga paling atas.

READ  Berlibur Ke Lawang Sewu? Lihat Infonya Disini

Saat ada yang memesan, lauk akan diambil dengan sendok panjang yang ujungnya terbuat dari tempurung kelapa dan ditaruh langsung ke atas nasi di hadapan pemesannya. Lucu deh. 🙂

Selain itu, lauk di kedai nasi kapau dimasak dengan lebih banyak kelapa dibandingkan lauk di rumah makan Padang. Jadi lebih wangi, lebih gurih dan lebih enak! Kemudian semua lauk yang berjenis daging, seperti ayam, ikan, kikil dan sapi, biasanya dibakar terlebih dahulu sebelum dibuat jadi berbagai jenis masakan lainnya.

READ  Tari Piriang, Ketika Petani Bersorak Gembira!

Rasa dagingnya jadi lebih berasa! Lalu bumbunya? Bumbu dari lauk-pauk nasi kapau umumnya tidak ditumis terlebih dahulu, jadi tidak terlalu banyak minyaknya.

Bagaimana dengan sayurnya? Di kedai nasi kapau, sayurnya disajikan selembar utuh, atau dipotong besar-besar, berbeda dengan sayur di rumah makan Padang yang dipotong kecil-kecil.

Biasanya, nasi kapau selalu disajikan dengan gulai cubadak/nangka yang tidak mengandung banyak santan dan tidak terlalu kental, serta dicampur dengan kacang panjang, kol, rebung, pakis, dan jengkol.

Tidak sempat jalan ke Agam? Jangan sedih. Kedai nasi kapau kini sudah banyak dibuka di berbagai tempat di Indonesia, salah satunya di kawasan Pasar Tanah Abang di Jakarta.

READ  Indahnya Pantai Sepanjang Di Gunung Kidul

Silahkan bingung memilih antara gulai tunjang/urat kaki kerbau atau sapi, gulai cancang/tulang dan daging kerbau, gulai babek/babat, serta berbagai lauk khas nasi kapau lainnya, terutama yang paling populer, yaitu gulai tambunsu/usus, di mana campuran telur ayam dan tahu dimasukkan ke dalam usus sapi. Sudah ngiler?