Pantai Ngobaran Di Gunung Kidul Yogyakarta

Pantai Ngobaran, Gunungkidul, Yogyakarta – Pesisir pantai selatan di wilayah Gunungkidul, Yogyakarta pantas untuk ditelisik lebih jauh. Banyak pantai yang mempunyai pesona dan daya tarik yang unik.

Contohnya adalah pantai Ngobaran yang bukan hanya menawarkan keindahan panorama alam yang cantik, namun juga penuh dengan nuansa budaya yang kental. Itu semua adalah kombinasi unik yang jarang Anda temukan di tempat lain.

pantai ngobaran

Keunikan pantai Ngobaran langsung terasa ketika Anda mulai menapaki areal wisata. Di bagian depan akses masuk menuju pantai Ngobaran, tampak deretan tempat peribadatan dari masing-masing agama yang berbeda.

READ  Keindahan Bawah Laut Pulau Karampaung Di Sulawesi Barat

Yang terlihat paling jelas adalah pura dengan patung-patung dewa yang berada di sekelilingnya. Pura itu dibangun untuk memperingati Brawijaya V, salah satu keturunan raja Majapahit, yang konon pernah meninggalkan jejak di kawasan pantai Ngobaran.

Kebenaran kisah yang sudah menyebar di masyarakat luas itu memang masih dipertanyakan oleh para sejarawan. Meski begitu, terlepas dari benar atau tidaknya cerita itu, kisah yang berada di balik berdirinya pura di tepi pantai Ngobaran menjadi kekhasan tersendiri.

Selain pura, terdapat pula masjid dan joglo tempat peribadatan keyakinan tertentu.

Contohnya adalah pantai Ngobaran yang bukan hanya menawarkan keindahan panorama alam yang cantik, namun juga penuh dengan nuansa budaya yang kental.

READ  Berwisata Ke Kebun Teh Wonosari Malang

Di bawahnya, terlihat pantai Ngobaran yang luas dengan hamparan batu-batu karang yang membentang. Tebing-tebing berdiri menjulang kokoh di tepian pantai. Untuk mendekat ke pantai Ngobaran, Anda harus menuruni puluhan anak tangga terlebih dahulu. Tak usah ragu, karena pantai Ngobaran sangat menggoda untuk didekati dan dijelajahi.

Berbeda dengan pantai lain pada umumnya, di pantai Ngobaran Anda tak bisa mendapatkan hamparan pasir yang luas. Yang ada yaitu batu-batu karang yang tak terhitung lagi jumlahnya. Di sela-sela batu karang itu, terdapat semacam kolam-kolam kecil, tempat biota-biota laut bersembunyi. Misalnya, landak laut, bintang laut ataupun kerang.

READ  Keindahan Pantai Labuan Sait Di Pulau Bali

Selain batu-batu karang berukuran kecil, banyak juga batuan karang yang ukurannya raksasa, bahkan Anda juga bisa menemukan gua-gua di pinggiran pantai.

Pantai Ngobaran dapat Anda tempuh selama 2,5 jam perjalanan dari kota Yogyakarta melewati Wonosari. Belum puas dengan pantai Ngobaran? Di sebelahnya masih ada pantai lainnya, yaitu pantai Nguyahan dan pantai Ngrenehan. Tunggu apa lagi, segera persiapkan perjalanan Anda menuju pantai Ngobaran. (wisataloka.com)