Pantai Tanjung Kelian, Pantai Bersejarah Di Pulau Bangka

Pantai Tanjung Kelian, Pantai Bersejarah Di Pulau Bangka

Pulau Bangka yaitu satu pulau yang terdapat di samping timur Pulau Sumatra, Indonesia yang mempunyai banyak Pesona Alam Yang Indah serta mengagumkan. Pulau Bangka juga populer bakal keindahan pantai-pantainya yang biasanya berpasir putih, bersih serta halus. Pantai-pantainya cukup landai dengan ombaknya yang cukup besar yang banyak dikelilingi oleh batu vulkanik yang unik serta indah seperti Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Tanjung Pesona, Pantai Pasir Padi atau Pantai Tanjung Kelian, Pantai Bersejarah di Pulau Bangka.

Pantai Tanjung Kelian yaitu satu diantara pantai nan indah serta memesona di Kabupatan Bangka Barat, Propinsi Bangka Belitung, Indonesia. Pantai indah berpasir putih ini terdapat sekitaran 9 km. dari pusat Kota Muntok.

pantai tanjung kelian

Terkecuali menghidangkan keindahan pantai yang masih tetap alami, Di Pantai Tanjung Kelian juga ada banyak tempat bersejarah seperti ada mercusuar setinggi 56 mtr. buatan Belanda berasitektur bergaya Inggris yang di bangun pada th. 1862. Mercusuar ini masih tetap berdiri dengan begitu kokoh serta masih tetap berperan dengan baik dengan pancarkan lampu sorot sejauh 25 mil untuk memandu kapal-kapal yang keluar masuk Selat Bangka.

Dari atas mercusuar anda dapat juga memandangi keindahan Pantai Tanjung Kelian dengan pasir putihnya dan pulau-pulau kecil yang lain di dekat Pulau Bangka.

Diluar itu di Pantai Tanjung Kelian juga ada satu bangkai kapal tua Van Der Parra yang terbenam karna di bom oleh tentara Jepang, Kapal ini ada di pinggir Pantai Tanjung Kelian serta dikubur di pantai ini untuk selamanya. Selan kapal Van Der Parra anda dapat juga lihat kapal-kapal yang lain yang terdampar di Pantai Tanjung Kelian ini sebagai saksi histori.

Diluar itu, di Pantai Tanjung Kelian juga di bangun Monumen Perang Dunia II pada 2 Maret 1993 yang letaknya tidak jauh dari Mercusuar. Monumen ini di bangun dengan maksud untuk mengingatkan kembali korban Perang Dunia II serta tenggelamnya satu kapal perang punya sekutu di Selat Bangka pada th. 1942.

Pada monumen ini tertulis : 8th Australian Division, 2nd Australian Imperial Force, This memorial honours the heorism and sacrifice of anggota of the Australian of Army Nursing Service, who serven in the Bangka ruang in the sea and world war during the years 1942-1945.

Lot at sea off Bangka Island when SS Vyner Brooke was bombed and sunk by Japanese Air Craft on 14 February 1942 shot and killed on Raji Beach by Japanese Soldier on 16 February 1942.

Monumen Perang Dunia II di Pantai Tanjung Kelian ini spesial di bangun untuk kembali mengenang momen kapal SS Vyner Brooke yang di bom serta terbenam di Laut Muntok. Beberapa korban yang wafat ketika pengeboman sejumlah 12 orang yang salah satunya yaitu OD Paschke, MHM Dorsch, CM Enis, K, Kinsella, GH McDonald, LJ Russel, Mschuman, AM Trenerry serta MM Witon. Yang ditembak dipantai sejumlah 21 orang, yang tewas dalam tawanan Jepang di Sumatera 4 orang sedang 12 orang yang lain kembali pada Australia yaitu CJ Ashton, KC Blake, JJ BlanchV Bullwinkel, VA Clancy, CM Pelforece, JG Poyle, JK Greer, JB Gunther, EM Hannah, I Harper serta NG James.

Sesaat seseorang perawat bernama Miss Vivian, selamat meskipun pernah terdampar di Pantai Raji yang dekat dengan Pantai Tanjung Kelian.

Comments are closed.