Makan Randang Lokan di Pesisir Selatan, Nikmat!

Masakan randang yang ada di Sumatera Barat itu ada beragam variasi lho, bukan hanya randang daging atau ayam saja. Sudah coba randang lokan yang berasal dari kawasan Pesisir Selatan? Kalau belum, cobain deh!

Kabupaten Pesisir Selatan memang terkenal dengan wisata baharinya. Lokan adalah sejenis kerang dengan cangkang agak besar dan kehitaman yang ada di sekitar muara sungai di Pesisir Selatan, terutama di Sungai Indrapura dan Sungai Batang Tarusan.

Lokan adalah sumber vitamin, sumber mineral dan sumber protein hewani lengkap yang mengandung semua jenis asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh, dan yang terpenting, lebih rendah lemak dibandingkan daging sapi! Jadi randang lokan ini lebih sehat dari randang daging! Hore!

READ  Indahnya Pantai Sepanjang Di Gunung Kidul

Randang Lokan

Mencari lokan untuk dibuat randang itu nggak gampang lho! Apalagi saat sedang musim hujan.

Menurut Reno Andam Suri, penulis buku Randang Traveler: Menyingkap Bertuahnya Randang Minang, untuk mendapatkan lokan, dibutuhkan orang-orang yang ahli menyelam, karena lokan bisa didapatkan di kedalaman 5 hingga 10 meter dan berada di dalam lumpur.

Selain itu, lokan berada di wilayah muara sungai, di mana banyak terdapat buaya. Sehingga, para penjaring lokan harus mencari lokan di pagi hingga siang hari, saat para buaya sedang beristirahat.

READ  Kawasan Wisata Mandeh Di Pesisir Selatan Sumbar

Ada pula masyarakat yang mengambil lokan dengan adat sopan santun daerah setempat, yaitu dengan meminta izin sebelum menyelam, dengan mengatakan “Inyiak Datuak, permisi, ambo ka mancari makan.” Hal ini disebabkan karena di kisah rakyat Minangkabau, buaya dianggap sebagai makhluk yang sangat dihormati.

Randang lokan memiliki warna agak gelap atau coklat kehitaman dengan rasa kaldu yang kuat. Ayo datang ke Pesisir Selatan untuk mencoba randang lokan! Paling asyik makan randang ini di atas nasi putih hangat sambil ngobrol akrab dengan penduduk setempat!

READ  Lamang Tapai, Kuliner Hitam Putih Hits di Tanah Datar