Review Pulau Sempu, Malang

Pulau Sempu, Malang, Jawa Timur – Bayangkan sebuah pulau yang tidak berpenghuni. Tidak ada hiruk pikuk orang berlalu lalang. Di sepanjang mata memandang hanya pohon.

Suasana pulau begitu menenangkan dan damai. Bila Anda bisa membayangkan atau sulit membayangkan, lebih baik Anda datang ke pulau itu di kehidupan nyata: Pulau Sempu.

Pulau Sempu menyajikan keindahan pulau yang sebenarnya. Tidak ada hotel yang mewah. Tidak pula ada fasilitas mentereng ala destinasi kelas atas. Cukup kesederhanaan dan kealamian pulau ini lah yang justru menjadi daya tarik.

READ  Pantai Tanjung Kelian, Pantai Bersejarah Di Pulau Bangka

pulau sempu

Pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Malang adalah kawasan cagar alam. Wilayah ini sengaja dilindungi karena adanya tiga jenis hutan yang ada di daerah ini, yaitu hutan pantai, mangrove, dan hutan tropis dataran rendah.

Penetapan kawasan ini sebagai cagar alam bahkan telah ditetapkan sejak pemerintah Hindia Belanda pada 1928. Pengunjung bahkan harus membuat surat izin untuk bisa memasuki daerah ini.

Perjalanan menuju ke lokasi wisata boleh dibilang cukup berat. Sebelum memulai perjalanan, pengunjung perlu membuat surat izin terlebih dahulu untuk memasuki cagar alam kemudian dilanjutkan menuju lokasi.

READ  7 Pantai Terindah Di Kabupaten Garut

Perjalanan dimulai dengan menuju Sendang Biru yang berjarak 3 jam dari Kota Malang. Sesampai di dermaga, perjalanan dilanjutkan dengan menempuh jalan air menggunakan perahu kecil.

Pengunjung kemudian mendarat di Pulau Sempu. Tidak sampai di situ, pengunjung harus berjalan kaki untuk mengakses keindahan pulau. Namun, semua penderitaan itu terbayar. Keindahan pulau ini bahkan lebih indah dari lukisan.

Pemandangan di tengah pulau terpencil ini begitu mengagumkan. Terdapat danau dengan air yang begitu jernih. Danau Segara Anakan: begitu danau ini dinamai, adalah surga tersembunyi di balik Pulau Sempu.

READ  5 Tempat Belanja Murah Di Solo yang harus dikunjungi

Airnya begitu segar dan jernih sehingga dasar danau bisa terlihat bila disinari matahari. Pemandangan lebih indah bisa dilihat pengunjung ketika naik ke atas karang dan melihat Samudra Hindia. Dari ketinggian, hijaunya pulau ini benar-benar terasa.