Saribu Rumah Gadang Menakjubkan di Solok Selatan

Siapa yang tidak tahu Rumah Gadang, rumah tradisi Minangkabau yang atapnya bergonjong seperti tanduk kerbau? Kalau tidak tahu, ya ini saatnya untuk tahu! 🙂

Dulu, Rumah Gadang punya banyak sekali fungsi di tengah masyarakat Minangkabau, tempat tinggal keluarga besar, tempat diskusi para pemangku adat dan pelayan rakyat, tempat tinggal sementara para pengembara yang lewat, dll.

Kini, di berbagai daerah di Sumatera Barat, ada banyak Rumah Gadang yang masih dipertahankan masyarakat setempat.

Saribu Rumah Gadang

Di Kabupaten Solok Selatan, ada sebuah objek wisata yang wajib dikunjungi, yaitu Kawasan Saribu Rumah Gadang. Kawasan ini terletak di Jorong Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu. Sekitar 160 km atau 4 jam dari Kota Padang, kita bisa menaiki kendaraan roda empat untuk sampai di kawasan ini.

READ  Berani Coba Nasi Kapau, Berani Tergila-gila Dengan Kelezatannya!

Sampai di sana, tidak perlu bayar tiket masuk! Kawasan Saribu Rumah Gadang terbuka gratis untuk semua pengunjung.

Apa yang menarik dari kawasan ini? Bayangkan jejeran Rumah Gadang dengan berbagai corak dan ukiran yang menarik di sepanjang jalan di daerah Koto Baru, menyapa kita dengan kemegahan yang mengagumkan.

Kawasan ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film nasional, “Di Bawah Lindungan Ka’bah”. Jangan lupa berfoto untuk di-upload ke media sosial dong!

 

Cuma itu? Tentu saja tidak! Masuki jalan-jalan setapaknya, di mana kompleks perumahan juga dipenuhi dengan berbagai Rumah Gadang. Ketuk pintu penduduk dan sapa mereka. Di sana, kita bisa menemukan berbagai cerita yang penuh inspirasi tentang sejarah daerah tersebut, serta mengapa penduduk setempat memutuskan untuk melestarikan keberadaan Rumah Gadang di sana.

READ  Pantai klayar, wisata pantai populer di Pacitan

Ditambah lagi, kita pasti juga akan diajak makan sampai kenyang sama mereka! Yakin deh, petualangan bercengkerama dengan penduduk lokal di dalam Rumah Gadang akan jadi pengalaman yang tidak mudah dilupakan!