How To Install Phpmyadmin On Ubuntu

How To Install Phpmyadmin On Ubuntu – Meskipun banyak pengguna memerlukan fungsionalitas sistem manajemen basis data seperti MySQL, mereka merasa tidak nyaman berinteraksi dengan sistem hanya dari prompt MySQL.

PhpMyAdmin dibuat untuk memungkinkan pengguna berinteraksi dengan MySQL melalui antarmuka web. Dalam panduan ini, kita akan membahas cara menginstal dan mengamankan phpMyAdmin sehingga Anda dapat menggunakannya dengan aman untuk mengelola database Anda di sistem Ubuntu 20.04.

How To Install Phpmyadmin On Ubuntu

Karena alasan ini, dan fakta bahwa ini adalah aplikasi PHP yang tersebar luas dan sering menjadi sasaran serangan, Anda tidak boleh menjalankan phpMyAdmin pada sistem jarak jauh melalui koneksi HTTP biasa.

How To Install And Secure Phpmyadmin On Ubuntu 18.04

Jika Anda belum memiliki domain yang dikonfigurasi dengan sertifikat SSL/TLS, Anda dapat mengikuti panduan ini untuk mengamankan Apache dengan Let’s Encrypt di Ubuntu 20.04. Ini mengharuskan Anda mendaftarkan nama domain, membuat data DNS untuk server Anda, dan menyiapkan Host Virtual Apache.

Paket Bersamaan dengan paket ini, dokumentasi resmi juga menyarankan Anda menginstal beberapa ekstensi PHP di server Anda untuk mengaktifkan beberapa fitur dan meningkatkan kinerja.

Jika Anda telah mengikuti tutorial Essential LAMP Stack, banyak dari modul ini yang akan diinstal.

Harap dicatat bahwa jika Anda menggunakan versi PHP yang berbeda dari versi default yang diinstal dalam tutorial tumpukan LAMP prasyarat, Anda perlu menginstal versi yang sesuai dari paket modul ini. Misalnya jika Anda menggunakan versi PHP

How To Install Phpmyadmin On Ubuntu 14.04

Jalankan perintah berikut untuk menginstal paket-paket ini di sistem Anda. Namun, perlu diketahui bahwa proses instalasi mengharuskan Anda membuat beberapa pilihan untuk mengkonfigurasi phpMyAdmin dengan benar. Kami akan segera membahas opsi ini:

Catatan: Dengan asumsi Anda menginstal MySQL dengan mengikuti langkah 2 dari tutorial Essential LAMP Stack, Anda mungkin telah memutuskan untuk mengaktifkan plugin Verifikasi Kata Sandi. Saat tulisan ini dibuat, mengaktifkan fitur ini akan menyebabkan kesalahan saat mencoba memasukkan kata sandi untuk pengguna phpmyadmin:

Untuk mengatasinya, pilih opsi Cancel untuk menghentikan proses instalasi. Selanjutnya, buka prompt perintah MySQL Anda:

Atau, jika Anda telah mengaktifkan otentikasi kata sandi untuk pengguna root MySQL, jalankan perintah ini dan masukkan kata sandi saat diminta:

How To Install Phpmyadmin For Multiple Hosts On Centos/ubuntu

Jalankan perintah berikut dari command prompt untuk menonaktifkan fitur Validasi Kata Sandi. Perhatikan bahwa ini tidak akan benar-benar menghapus instalasinya, tetapi cukup menghentikan pemuatan komponen di server MySQL Anda:

Direktori, di mana ia dibaca secara otomatis. Untuk menyelesaikan konfigurasi Apache dan PHP agar berfungsi dengan phpMyAdmin, bagian tutorial ini hanya mencakup pengaktifan secara eksplisit

PhpMyAdmin sekarang terinstal dan dikonfigurasi untuk bekerja dengan Apache. Namun, sebelum Anda masuk dan mulai berinteraksi dengan database MySQL Anda, Anda harus memastikan bahwa pengguna MySQL memiliki hak yang diperlukan untuk berinteraksi dengan program.

Saat Anda menginstal phpMyAdmin di server Anda, secara otomatis membuat pengguna database bernama phpmyadmin yang melakukan beberapa proses mendasar untuk program tersebut. Daripada masuk sebagai pengguna ini dengan kata sandi administratif yang Anda tetapkan saat instalasi, Anda disarankan untuk masuk sebagai pengguna root MySQL atau sebagai pengguna yang didedikasikan untuk mengelola database melalui antarmuka phpMyAdmin.

How To Uninstall Phpmyadmin In Ubuntu Server

Pada sistem Ubuntu yang menjalankan MySQL 5.7 (dan versi yang lebih baru), ini diatur untuk mengautentikasi menggunakan pengguna root MySQL.

Plugin secara default, bukan kata sandi. Hal ini memberikan keamanan yang lebih besar dan kemudahan penggunaan dalam banyak kasus, namun dapat memperumit masalah ketika Anda perlu mengizinkan program eksternal – seperti phpMyAdmin – untuk memberikan akses pengguna.

Untuk masuk ke phpMyAdmin sebagai pengguna root MySQL, Anda perlu mengganti metode otentikasi dari sini

Seseorang yang menggunakan kata sandi, jika Anda belum memilikinya. Untuk melakukan ini, buka command prompt MySQL dari terminal Anda:

Install And Secure Phpmyadmin On Ubuntu 18.04/20.04/22.04 Lts Or Debian

Plugin otentikasi pilihan MySQL, karena menyediakan enkripsi kata sandi yang lebih aman daripada yang lama, tetapi masih banyak digunakan,

. PHP melaporkan bahwa masalah ini telah diperbaiki sejak PHP 7.4, tetapi jika nanti Anda mendapatkan kesalahan saat mencoba masuk ke phpMyAdmin, Anda mungkin perlu menyetel root untuk mengautentikasi.

Selanjutnya, periksa kembali metode autentikasi yang digunakan oleh setiap pengguna Anda untuk memverifikasi bahwa root tidak lagi mengautentikasi

Anda dapat melihat dari keluaran ini bahwa pengguna root akan mengautentikasi menggunakan kata sandi. Anda sekarang dapat masuk ke antarmuka phpMyAdmin sebagai pengguna root dengan kata sandi yang Anda masukkan di sini.

The Complete Guide To Install And Secure Phpmyadmin On Ubuntu 20.04 Lts

Alternatifnya, beberapa orang mungkin merasa bahwa menghubungkan ke phpMyAdmin dengan pengguna khusus lebih cocok untuk alur kerja mereka. Untuk melakukan ini, buka kembali shell MySQL:

Jika Anda telah mengaktifkan otentikasi kata sandi untuk pengguna root Anda, seperti yang dijelaskan di bagian sebelumnya, jalankan perintah berikut dan masukkan kata sandi Anda saat diminta untuk terhubung:

Catatan: Sekali lagi, tergantung pada versi PHP yang Anda instal, Anda dapat mengatur pengguna baru untuk diautentikasi

Kemudian berikan hak yang sesuai kepada pengguna baru. Misalnya, Anda dapat memberikan hak istimewa pengguna ke semua tabel dalam database, serta kemampuan untuk menambah, mengubah, dan menghapus hak istimewa pengguna dengan perintah:

Quick Guide To Installing Phpmyadmin On Ubuntu And Debian

Anda sekarang dapat mengakses antarmuka web dengan masuk ke nama domain server atau alamat IP publik berikutnya

Masuk ke antarmuka, baik sebagai root atau dengan nama pengguna dan kata sandi baru yang baru saja Anda konfigurasi.

Sekarang Anda dapat terhubung dan berinteraksi dengan phpMyAdmin, yang perlu Anda lakukan hanyalah menjaga keamanan sistem Anda dari penyerang.

Karena keberadaannya yang ada di mana-mana, phpMyAdmin adalah target populer bagi penyerang, dan Anda harus lebih berhati-hati untuk mencegah akses tidak sah. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menempatkan gateway di depan seluruh aplikasi menggunakan bawaan Apache

How To Install Laravel On Ubuntu 16.04 With Phpmyadmin And Mysql » Technologyrss

Agar berhasil, file harus dibuat di direktori aplikasi. Anda dapat membuat file yang diperlukan dan membukanya di editor teks Anda dengan hak akses root dengan mengetik:

Anda akan diminta untuk memilih dan mengonfirmasi kata sandi untuk pengguna yang Anda buat. Setelah itu, sebuah file akan dibuat dengan kata sandi hash yang Anda masukkan.

Sekarang, ketika Anda mengakses subdirektori phpMyAdmin, Anda akan diminta memasukkan nama akun dan kata sandi tambahan yang baru saja Anda buat:

Setelah memasukkan otentikasi Apache, Anda akan dibawa ke halaman otentikasi phpMyAdmin biasa untuk memasukkan kredensial MySQL Anda. Dengan menambahkan satu set kredensial non-MySQL tambahan, Anda memberikan lapisan keamanan tambahan pada database Anda. Hal ini diinginkan, karena phpMyAdmin sebelumnya rentan terhadap ancaman keamanan.

How To Install Phpmyadmin On Ubuntu Server

Anda sekarang seharusnya sudah mengkonfigurasi phpMyAdmin dan siap digunakan di server Ubuntu 20.04 Anda. Dengan menggunakan antarmuka ini, Anda dapat membuat database, pengguna, dan tabel, serta melakukan operasi rutin seperti menghapus dan memodifikasi struktur dan data.

Dapatkan mesin virtual yang dihosting Ubuntu dalam hitungan detik dengan Droplet! Cukup sederhana untuk semua pengguna, cukup kuat untuk aplikasi atau bisnis yang berkembang pesat.

Untuk menemukan kumpulan tutorial, dokumentasi, dan penawaran pasar lengkap kami dengan cepat, Anda dapat mengetik !ref ke dalam kolom teks dan menempelkan tautannya!

Keunikan yang muncul dalam iterasi baru Apache, php, dan mysql akan mengejutkan Anda jika Anda belum membangun server dalam beberapa tahun.

How To Install Lamp In Ubuntu 20.04

Saya mengikuti petunjuk di sini, tetapi ketika saya mengetik “https://mydomain.com/phpmyadmin”, browser saya mengalihkan ke koneksi yang tidak aman: “http://123.45.67.8/phpmyadmin”.

Saya menggunakan “Let’s Encrypt” di domain saya yang berfungsi dengan baik. Tapi saya membaca bahwa itu tidak berfungsi untuk alamat IP.

😀 Yang saya suka adalah artikel panduannya adalah yang terbaik dengan detail tentang cara menangani masalah teknis apa pun.

Saya telah mengikuti tutorial langkah demi langkah tentang tetesan wordpress dan ketika saya memuat https://URL/phpmyadmin saya mendapatkan halaman 404

Install Phpmyadmin On Ubuntu 20.04

Saya mengikuti panduannya, tetapi menjawab poin “untuk pemilihan server, pilih apache2” terlalu cepat tanpa membaca bagian peringatan (padahal tertulis dengan warna merah, kesalahan saya) Bagaimana cara memulai prosesnya dari awal? Saya berhasil mencoba menghapus…

Anda dapat melangkah lebih jauh untuk mencegah serangan skrip dengan mengubah jalur phpmyadmin di /etc/Apache2/conf-available/phpmyadmin.conf cukup ubah awal file “Alias ​​​​/phpmyadmin /usr/share/phpmyadmin”. “alias /yourcustomroute /usr/share/phpmyadmin” membuatnya semakin sulit ditemukan dan tidak benar-benar memberi tahu penyerang apa yang ada di balik titik akses jika Anda menggunakan nama yang bagus.

Dapatkan buletin 2 mingguan kami. Daftar ke Infrastruktur sebagai buletin. Mendaftarlah untuk mendapatkan pekerjaan baik Hollies Hub untuk meningkatkan kesehatan dan pendidikan, mengurangi kesenjangan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi? Kami ingin membantu. Pelajari lebih lanjut Menjadi kontributor Dapatkan bayaran; Kami mendonasikan teknologi kepada organisasi nirlaba. Belajarlah lagi

Ini memudahkan Anda untuk memulai di cloud dan berkembang seiring pertumbuhan Anda – baik Anda menjalankan satu atau sepuluh ribu mesin virtual. . Ini adalah salah satu alat yang paling banyak digunakan untuk mengelola database MySQL. Untuk memastikan kinerja optimal, Anda harus menginstal dan mengkonfigurasi Apache, PHP, dan PHP MySQL.

How To Install Phpmyadmin On Any Operating System

Panduan ini akan memandu Anda melalui langkah-langkah menginstal phpMyAdmin di Ubuntu 14.04 Virtual Private Server (VPS) dan Dedicated Server. Sebelum kita mulai, ini diasumsikan

Install phpmyadmin ubuntu server, install phpmyadmin ubuntu 14.04, how to install xampp on ubuntu, how to install nginx on ubuntu, how to install virtualbox on ubuntu, install phpmyadmin ubuntu vps, how to install android studio on ubuntu, how to install bluetooth, how to install ubuntu on android phone, how to install lamp on ubuntu, install phpmyadmin ubuntu, ubuntu install mysql phpmyadmin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *